Tips Mempersiapkan Persalinan Normal (dari dan untuk Bunda)

Selamat siang calon bunda sholihah.. Sesuai janji saya dipostingan sebelumnya, saya akan menulis beberapa tips melahirkan berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri, kondisi kehamilan setiap bunda pasti berbeda, dan kondisi menjelang persalinan pun tentunya beragam.. Cerita persalinan saya ada di postingan sebelumnya ya bunda ☺
Sedikit tips dari saya menghadapi persalinan normal untuk calon bunda sholihah..
1. Selalu berserah diri kepada Allah, memohon waktu yang tepat dan terbaik untuk proses melahirkan.
2. Melakukan persiapan mental, fisik, dan finansial untuk menghadapi persalinan.
⚠ Persiapan mental antara lain:
- Memperbanyak dzikir dan berdoa (doa dimudahkan persalinan "Hana Waladad Maryam, Wa maryam waladad isa, ukhruj ayyuhal maulud bikudroti malikil ma'buud")
- Berfikir positif bahwa insyaAllah kita mampu melalui proses melahirkan dengan baik.
- Banyak sharing dengan orang-orang yang membuat kita nyaman. Terlebih jika mempunyai kelompok, atau teman yang sama sama sedang hamil.
- Menata hati untuk ikhlas jika memang suami terpaksa tidak dapat menemani saat proses persalinan.
- Lakukan percakapan/ sounding dengan calon anak kita agar bisa bekerjasama dalam proses persalinan. "Anak bunda, sebentar lagi anak bunda akan menyapa dunia, menyapa ayah dan bunda, kita berdoa bersama yuk agar nanti prosesnya menyenangkan dan kita bisa bekerjasama dengan baik, nanti dedek semangat ya dorong kepalanya keluar pas bunda mengejan" ☺
- Jika tanda tanda cinta sudah mulai menyapa, bersyukurlah, meski menahan rasa sakit luar biasa saat kontraksi jangan lupa mengucap hamdalah meskipun di dalam hati, karena sebentar lagi kita akan bertemu dengan buah cinta kita.
- Persiapkan mental untuk mendengar segala macam mitos atau saran dari berbagai penjuru, baik keluarga atau tamu yang menjenguk. Be yes a man. 😎
- Positif thinking bahwa ASI kita akan langsung keluar, karena ASI adalah rizki bagi anak kita dan Allah telah menjaminnya. Meskipun masih sedikit yang keluar untuk pertama kali, tetap semangat dan terus berikan anak kita ASI karena kebutuhan bayi baru lahir juga masih sedikit, lambungnya baru sebesar biji kelereng.
⚠ Persiapan fisik antara lain:
- Mulai usia kandungan 7,5 bulan rutin jalan pagi sekitar 30-45 menit untuk kekuatan kaki. Selain itu jalan pagi juga menambah rasa rileks untuk ibu hamil. Saat jalan kaki kita juga bisa melakukan sounding atau bercakap cakap dengan calon anak kita.
- Melakukan latihan pernapasan. Karena pernapasan sangat penting saat mulai kontraksi yang hebat agar ibu tidak kehabisan tenaga. Latihan rutin bisa dilakukan sambil menonton video di youtube. Hehehe
- Latihan senam kegel, mengepel dengan jongkok, sujud dengan dada menempel di sajadah. Senam kegel juga bisa ditonton di youtube 😁
- Persiapkan kertas lakmus untuk mengecek apakah ada ketuban rembes. Jika ada ketuban rembes ditandai dengan perubahan warna pada kertas lakmus, segera observasi ke RS atau bidan terdekat.
- Persiapkan hospital bag yang berisi perlengkapan untuk persalinan. Hospital Bag List saya untuk 1 1/2 hari berada di rumah sakit sebagai berikut:
Baby:
1. Baju NB (5pcs)
2. Popok kain (20 pcs)
3. Bedong (10 pcs)
4. Grita (5pcs)
5. Selimut
6. Pospak (5pcs)
7. Kaos kaki (7 pcs)
8. Topi (2 pcs)
9. Toilettries
10. Tisu Basah
11. Tisu Kering
12. Handuk
13. Milestone baby
14. Bantal baby
(Buat satu paket baju, bedong, grita, popok, celana, handuk, kaos tangan & kaki, topi taruh dalam plastik) (untuk memudahkan bidan ketika memandikan pertama kali)
Mommy:
1. Daster/ baju atasan Busui Friendly (2pcs)
2. Baju Busui untuk pulang dari RS (1pcs)
3. Underware & Bra menyusui ukuran besar (5pcs)
4. Handuk
5. Jarik (3pcs)
6. Pembalut nifas
7. Korset/ Grita
8. Breast Pump
9. Kaos kaki (2pasang)
10. Bergo (3 pcs)
11. Dompet
12. Alat mandi
13. Makanan (Kurma, sarkum, biskuit, buah)
14. Buku KIA (Rekam Medik)
15. Detergen
16. Plastik cucian kotor
Daddy:
1. Baju & Underware
2. Alat shalat
3. Fc KTP, KK, Buku Nikah, Asuransi, ATM, Uang
4. Kamera
5. Alat mandi & Handuk
6. Roll Kabel
- Pijat payudara untuk mempersiapkan ASI. Perbanyak asupan kacang kacangan dan sayur katuk menjelang proses persalinan.
- Persiapan makan sehat dan berprotein tinggi menjelang melahirkan, untuk kekuatan saat mengejan nantinya. Pada saat kontraksi banyak minum air putih, teh anget, telur rebus ayam kampung, kurma, sari kacang hijau, dan cemilan lainnya. Agar energi kita tidak habis terkuras untuk menunggu pembukaan lengkap.
⚠ Persiapan finansial yaitu dengan mempersiapkan asuransi dan dana darurat. Saya pribadi menggunakan asuransi BPJS. Uraian prosedur BPJS untuk proses persalinan akan saya tulis di postingan selanjutnya ya bunda. Selain itu diskusikan dengan suami dan keluarga untuk fasilitas yang akan kita pesan saat persalinan.

Kurang lebihnya seperti diatas ya tips ala bunda hana untuk para calon bunda yang sholihah.. Tetap semangat dan berbahagialah bunda, si cinta akan segera menyapa bunda ☺


Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Persalinan di RS Ananda Purwokerto

Assalamualaikum Kaizan ❤

Being Preggo Mommy