Skip to main content

Dahlan ajak tiga mahasiswa IPB ke luar negeri.

Selasa, 17 April 2012 23:40 WIB | 2672 Views

Menteri BUMN Dahlan Iskan (FOTO ANTARA)
Bogor (ANTARA News) - Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengajak tiga orang mahasiswa IPB keluar negeri atas keberhasilan mereka menciptakan produk pangan alternatif mirip beras yang diberi nama "beras analog".

"Bapak Rektor saya minta izin, tiga orang mahasiswa ini akan saya berikan hadiah karena sudah menciptakan beras analog ini, kami kirim ketiganya ke luar negeri," kata Dahlan dalam kuliah umum memperingati 60 tahun Pendidikan Pertanian Indonesia di Gedung Graha Widya Wisuda IPB Dramga Bogor, Selasa malam.

Dahlan mengaku kagum dengan kemampuan IPB menciptakan beras analog tersebut. Ia pun akan mencoba memasak beras analog pemberian mahasiswa tersebut besok pagi.

"Saya akan coba masak besok pagi, akan saya rasakan dan lihat apakah ini sudah menyerupai beras atau belum," katanya.

Pemberian hadiah tersebut berawal dari saat dilakukan sesi tanya jawab antara mahasiswa dengan Dahlan Iskan.

Sesaat setelah menyampaikan kuliah umumnya, Dahlan membuka sesi diskusi kepada mahasiswa yang ingin bertanya. Awalnya Dahlan hanya memberikan kesempatan bagi lima mahasiswa, tapi antusias mahasiswa yang ingin bertanya cukup banyak sehingga lebih dari 10 mahasiswa maju ke panggung.

Secara bergiliran mahasiswa menyampaikan pertanyaannya, dan Dahlan menjawab setiap pertanyan dari mahasiswa tersebut.

Salah satu mahasiswa yang bertanya Annisa Karunia menyampaikan temuan baru beras analog yang dilakukan dirinya dan tim.

Dalam kesempatan tersebut, Annisa memaparkan temuan beras analog yang baru-baru ini dipublikasikan kemedia.

Annisa mendapat delegasi dari Direktur F Tecnopark Fakultas Teknologi Pertanian IPB untuk menyampaikan temuan tersebut.

"Dengan temuan ini menurut Pak Mentari apalagi yang harus kami lakukan. Kami sudah menciptakan produk pangan alternatif ini, bagaimana caranya agar produk ini dapat dioptimalkan," tanyanya kepada Dahlan.

Menerima pemaparan mahasiswi IPB tersebut Dahlan langsung terkesan, ia menanyakan mahasiswa tersebut semester berapa, sekolah dimana sebelumnya, sudah tamat atau belum.

Sebelum memberikan jawabannya, seribu lebih mahasiswa yang ada di dalam gedung meneriaki mobil sebagai janji mantan Dirut PLN tersebut bagi mahasiswa yang mampu menciptakan teknologi pangan baru.

"Yah pak Rektor, saya minta izinnya, tiga mahasiswa ini akan dikirim ke luar negeri," kata Dahlan yang disambut riuh tepuk tangan ribuan mahasiswa.

Selain mengajak tiga mahasiswa IPB ke luar negeri. Dahlan juga menjanjikan sebuah mobil bagi mahasiswa IPB baik perorangan maupun kelompok yang dapat menciptakan pabrik rumput laut yang efisien dan berteknologi tinggi.

Ia mengatakan, saat ini dirinya berencan akan membangun pabrik pengolahan rumput laut terbesar di Bulu Kumba.

"Jika ada yang bisa merancang pendirian pabrik yang efisien dan berteknologi tinggi dalam mengelola rumput laut di Bulu Kumba, saya akan hadiahi mobil," katanya.

Kehadiran Dahlan dalam kuliah umum memperingati 60 tahun peletakan batu pertama pembangunan gedung IPB Barangsiang seperti magnet yang mampu menarik 3.000 lebih mahasiswa.

Gedung Graha Widia Wisuda IPB Dramaga dipadati mahasiswa yang ingin menyaksikan secara langsung ceramah sang tokoh fenomenal.
(Antaranews.com)

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Persalinan di RS Ananda Purwokerto

Assalamualaikum Kaizan ❤

Being Preggo Mommy